Wednesday, March 16, 2011

Cristiano Ronaldo,inspiration of my life. . .

Di lapangan hijau kehadirannya mengundang ancaman bagi gawang lawan. Prestasinya tak kepalang tanggung, pemain terbaik dunia dan Eropa. Berwajah tampan, perempuan gampang bertekuk lutut padanya.
Seorang bintang memang sering akrab dengan kontroversi. Tak beda dengan Cristiano Ronaldo. Selain piawai mengolah bola di lapangan hijau, pemain terbaik dunia dan Eropa 2008 yang berwajah tampan itu juga jago menundukkan wanita.

Awal musim 2008-2009, berita-berita olahraga dipenuhi oleh perseteruan Cristiano Ronaldo dengan Manajer Manchester United Alex Ferguson. Ronaldo ingin cabut ke Real Madrid sementara Ferguson dengan tegas mengatakan, "Tidak!"

Sebelumnya, di Piala Dunia 2006  ia ‘memaksa' wasit mengusir rekan setimnya di MU, Wayne Rooney, saat Portugal jumpa Inggris.

Masalah tak hanya datang saat ia ada di atas lapangan. Di kehidupan pribadinya, ia akrab dengan dunia gemerlap. Gonta-ganti pasangan adalah hal biasa baginya. Pernah ada wanita yang mengklaim tengah mengandung anak sang bintang. Namun kabar itu kemudian hilang begitu saja.

Ngebut dengan mobil mewah adalah salah satu ‘olahraga' favorit Ronaldo selain sepakbola. Ia pernah mengalami kecelakaan ketika Ferrarinya menghantam dinding di dekat bandara Manchester. Untungnya, ia selamat walau mobilnya hancur. Banyak yang mengkritik pribadi sang pemain namun bakat di lapangan hijau mampu menutupi berbagai macam ‘dosanya' itu.
***
Cristiano Ronaldo lahir pada 5 Februari 1985 di Funchal, Portugal.  Bernama lengkap  Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, sapaan akrabnya Ronaldo diambil dari nama mantan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan yang merupakan tokoh favorit ayah kandungnya, José Dinis Aveiro.

Di usia delapan tahun ia bergabung dengan klub amatir Portugal C.F. Andorinha. Pada 1995, ia menandatangani kontrak dengan klub local CD Nacional. Setelah memenangi gelar bersama Nacional ia menjalani tes percobaan 3 hari dengan Sporting Portugal dan akhirnya menandatangani kontrak.

Ia menjadi satu-satunya pemain yang hanya dalam satu musim mampu bermain dalam tim U-16,U-17,U-18, tim B dan tim utama. Dalam debutnya bersama Sporting, ia mencetak dua gol ke gawang Moreirense. Ia pun dipanggil masuk skuad Portugal U-17 di kejuaraan UEFA.

Pada usia 16 tahun, Ronaldo mendapat perhatian mantan pelatih Liverpool Gerrard Houllier. Namun petinggi Liverpool menganggap ia terlalu muda. Di tahun 2003, Sir Alex Ferguson mulai jatuh hati pada permainan Ronaldo ketika Manchester United dikalahkan Sporting 1-3.

Singkat cerita, seusai musim 2002-2003, ia menandatangani kontrak dengan Manchester United senilai £12.24 juta dan menjadi pemain Portugal pertama yang bermain di MU. Ia meminta nomor punggung 28 sama seperti nomornya di Sporting.

Alasan lain adalah ia tidak mampu mengatasi tekanan nomor punggung ‘7' yang selama ini dipegang oleh legenda-legenda MU seperti George Best, David Beckham dan Eric Cantona. Namun, di punggungnya tetap disematkan nomor keramat itu.

Debut Ronaldo dimulai pada menit ke-60 ketika melawan Bolton Wanderers. Ia mencetak gol ke-1000 Manchester United pada 29 Oktober 2005 ketika MU dikalahkan Middlesborough 1-4.

Di seluruh kompetisi yang diikuti MU ia mencetak sepuluh gol dan dinobatkan oleh para fans sebagai pemain muda terbaik versi FIFPro Special Young Player of the Year tahun 2005 dan 2006, dan menempati rangking ke-20 tahun 2005 sebagai  FIFA Player of the Year.

Pada 2006, ia menerima penghargaan Barclays Player of The Month selama dua bulan berturut-turut (November-Desember). Dan menjadi salah satu dari hanya tiga pemain yang mampu meraih penghargaan beruntun seperti itu.

13 April 2007, ia menandatangani kontrak terbaru dengan MU yang membuatnya bergaji £ 120 ribu per minggu, sekaligus menjadikan pemuda ini pemain dengan gaji tertinggi sepanjang sejarah MU.

Ketenarannya berjalan sepanjang kontroversi yang diperoleh. Pada 2006 Gareth Southgate menuduhnya diving (menjatuhkan diri) ketika melawan Middlesbrough. Pada 4 Februari 2007, lagi-lagi tudingan diving ia terima ketika memenangkan penalti ketika melawan Tottenham Hotspur.

Kontroversi semacam itu tidak membuat para pencinta sepakbola berpaling dan tetap menganugerahkannya PFA Players' Player of the Year dan PFA Young Player of the Year. Gelar ini dilengkapi dengan penghargaan PFA Fans' Player of the Year dan namanya masuk dalam PFA Premier League Team of the Year musim 2006-2007 bersama enam orang rekan sejawatnya di MU. Tahun 2007 ia terpilih sebagai Pemain terbaik ketiga di dunia dibawah Kaka dan Lionel Messi.

19 Maret 2008, untuk pertama kalinya Ronaldo memegang ban kapten MU di kandang MU saat jumpa Bolton. Ia bahkan memborong dua gol kemenangan 2-0 MU. Pada bulan Juni ia mengungkapkan keinginannya untuk pindah ke Real Madrid. Madrid juga mencoba mendekatinya dan hal ini mengundang protes dari Manchester United.

Musim itu ia beberapa kali mengalami cedera engkel. Bahkan sempat menjalani operasi di Amsterdam. Namun ia juga mendapat anugrah yang luar biasa. Ronaldo terpilih menjadi pemenang trofi Ballon d'Or disusul oleh FIFA World Player of the Year.

Produktivitas Ronaldo di musim 2008-2009 menurun dibanding musim sebelumnya. Ia hanya mencetak 26 gol ketimbang sebelumnya yang 42. Puncak kekecewaannya adalah gagal memenangkan MU di final Liga Champions saat jumpa Barcelona.

Pada 26 Juni 2009 Real Madrid akhirnya memastikan mendapatkan Ronaldo dengan uang transfer yang dipercaya mencapai £ 80 juta. Ia pun menjadi pemain termahal di dunia dan mendapat bayaran € 13 juta tiap tahunnya hingga 2015.

Julukan CR7 kontan berubah begitu ia resmi membela Madrid. Nama dagangnya kini menjadi CR9, sesuai dengan nomor punggung yang dipakainya. DI Madrid cedera kembali sering menghampirinya dan membuatnya absen di beberapa pertandingan penting.

Tim Nasional
Di tim nasional Portugal, Ronaldo memulai caps-nya pada Agustus 2003 melawan Kazakshtan. Pada kualifikasi Piala Dunia 2006, ia merupakan top skorer kedua Zona Eropa dengan tujuh gol.

Satu-satunya gol di Piala Dunia 2006 yang ia cetak adalah ketika melawan Iran melalui titik penalti. Di perempat final Piala Dunia yang mempertemukan Inggris dengan Portugal, Ronaldo membuat rekan setimnya di Manchester United, Wayne Rooney, dikeluarkan oeh wasit karena menginjak Ricardo Carvalho.

Pers Inggris menuding Ronaldo memprovokasi wasit Horacio Elizondo untuk mengusir Rooney. Ronaldo bahkan tertangkap kamera sedang mengedipkan mata ketika Rooney diusir. Karena kasus ini pula, Ronaldo kehilangan peluang sebagai pemain muda terbaik sepanjang kompetisi Piala Dunia (Best Young Player).

Banyak surat-surat negatif mengenai Ronaldo ditujukan pada FIFA yang menyatakan kalau Ronaldo bukanlah contoh yang baik untuk para pencinta sepakbola. Gelar Best Young Player akhirnya melayang ke tangan Lukas Podolski dari Jerman. 

Peristiwa ini membuat Ronaldo sempat ketakutan akan dimusuhi publik Inggris selepas Piala Dunia 2006. Namun ia berhasil diyakinkan oleh Sir Alex, manager sekaligus mentornya di Manchester United untuk bertahan menghadapi cemoohan publik yang ternyata hanya bertahan seumur jagung . Publik kemudian kembali mencintainya.

Satu hari setelah ulang tahunnya yang ke-21, Ronaldo mendapatkan kepercayaan ban kapten tim nasional saat melawan Brazil pada 6 Februari 2007. Penunjukan ini, menurut pelatih Portugal (saat itu) Luiz Felipe Scolari merupakan permintaan dari Presiden Sepakbola Portugal, Carlos Silva, yang telah meninggal dunia.

Source : yahoo.omg

2 Comments:

Silahkan Isi Komentar anda. bagi anda yang tidak mempunyai Account google, Anda bisa menggunakan [Anonymous] atau [Name/URL].